Menjaga kebersihan, termasuk kebersihan pakiaan kini kian menjadi perhatian. (ilustrasi) | Pexels/Karolina Grabowska

Belanja

Menjaga Higienitas Keseharian

Pandemi membuat isu kebersihan dan kelestarian mendapat perhatian dari berbagai pihak. 

Menjaga kebersihan atau sanitasi menjadi salah satu langkah penting untuk memastikan badan tetap sehat dan daya tahan tubuh tetap prima di musim penghujan. Berbagai produk pun hadir untuk masyarakat, termasuk dari PZ Cussons Indonesia.

Selama ini, PZ Cussons memiliki lima merek utama, antara lain Cussons Baby, Cussons Kids, Imperial Leather, Original Source, dan Carex. "PZ Cussons hadir untuk masyarakat Indonesia dalam men jaga kebersihan dan kesehatan, teruta ma di masa pandemi ini," kata Category & Brand Senior Manager PZ Cussons Indonesia, Andy Santoso, pekan lalu.

Andy menyampaikan, produk-produknya menerapkan konsep keberlanjutan. Dia mencontohkan, wewangiannya 100 persen alami dan terakreditasi vegan oleh organisasi hak asasi binatang People for the Ethical Treatment of Animals (PETA).

Ancaman Covid-19 varian baru Omikron memberikan peluang bagi PZ Cussons lewat brand Carex untuk membantu masyarakat Indonesia menjaga kebersihan diri. Formula dengan pH asam dan Manuka Honey efektif membunuh kuman/bakteri dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu, ada jenama Cussons Kids dengan rangkaian produk Cussons Kids Shampoo dan Cussons Kids Body Wash.

Head Of Marketing Baby & Kids PZ Cussons Indonesia Rahma Anna Setyani menjelaskan, Cussons Baby hadir lengkap, seperti sabun cair dan batang, sampo, tisu basah, bedak, hair lotion, dan lainnya untuk bayi. Untuk Cussons Kids pun menyuguhkan rangkaian lengkap untuk perawatan kulit dan rambut anak. "Produk-produk Cussons Baby dan Cussons Kids telah tersertifikasi halal dan teruji secara dermatologi," ujar Rahma.

photo
Menjaga higienitas sangat penting diperhatikan oleh para orang tua yang memiliki bayi. (ilustrasi) - (Pexels/Pixabay)

Sementara itu, higienitas pakaian pun perlu dijaga. Untuk ini, Wings Care berinovasi untuk deterjen Daia dengan formula bersih higienis dalam setiap variannya. Produk tersebut diklaim ampuh membersihkan pakaian dalam 30 detik dan mencuci pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan, terutama bagi para ibu.

Menurut sejumlah penelitian termasuk dari seorang pakar Color Therapy, Constance Hart, warna dan wangi dapat memengaruhi suasana hati, emosi, bahkan kesehatan. Warna yang cerah cenderung membuat kita menjadi lebih positif dan bersemangat, begitu pula dengan wewangian.

Memperhatikan suasana hati ibu yang berpengaruh bagi keluarga, Daia pun menerapkan teknologi yang memberikan kemudahan bagi para ibu dalam menjalani kesehariannya, terutama dalam mencuci pakaian.

“Inovasi baru kami ini bertujuan untuk memberikan fun washing experience bagi para ibu dalam membantu mewujudkan keluarga yang bahagia,” kata Marketing Manager Daia-Wings Group Indonesia Anastasia Pamela dalam pernyataannya.

Pamela menyebutkan, varian Floral Blossom dan Fresh Lemon mempunyai teknologi Duo Perfume, yaitu paduan dua jenis parfum segar buah dan bunga. Sedangkan, Daia Putih memberikan wangi fresh dengan proteksi pakaian agar tetap putih dan cerah. Lalu, varian Romantic Pink dan Violet Passion dilengkapi butiran Softener agar pakaian tetap lembut dan wangi.

 

 
Warna dan wangi dapat memengaruhi suasana hati, emosi, bahkan kesehatan. Warna yang cerah cenderung membuat kita menjadi lebih positif dan bersemangat, begitu pula dengan wewangian.
 
 
 

 

Fokus pada Ekonomi Sirkular 

Polusi dan pencemaran hingga kini masih menjadi permasalahan yang mendapat perhatian dari berbagai pihak. Pabrik-pabrik modern, dewasa ini pun turut berperan aktif dalam menjaga keseimbangan dan ketersediaan sumber daya alam melalui proses produksi yang sesuai dengan prinsip-prinsip berkelanjutan atau jika mengacu pada gagasan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Bappenas, sektor industri juga diharapkan mulai berperan aktif dalam penerapan ekonomi sirkular.

Dalam setiap produk-produk yang dihasilkan, PT Ajinomoto Indonesia menerapkan proses produksi yang ramah lingkungan. Pabriknya yang berada di Mojokerto telah melakukan berbagai upaya untuk mencapai zero waste yang merupakan upaya meminimalkan dan mengurangi pencemaran lingkungan hingga ke titik nol. 

Berbagai upaya yang dilakukan, meliputi pengurangan emisi karbon, pengurangan konsumsi air, penerapan bio-cycle and eco-activity yang menghasilkan produk sampingan seperti pupuk Ajifol, Amina, bahan baku pakan ternak FML, dan peningkatan pengelolaan air limbah supaya ketika disalurkan ke Sungai Brantas kualitas airnya menjadi lebih baik dan bersih.

“Selain mengolah produk samping cair dari hasil produksi MSG, kami di agriculture development department juga bertanggung jawab untuk mengolah by product dalam bentuk padat serta beberapa sampah domestik lainnya. Di antaranya, menjadi pembenah tanah GCC Mix, material pakan ternak, dan beberapa co-product lainnya yang mempunyai nilai jual,” ujar Yudho Koesbandryo selaku Factory Manager sekaligus Direktur PT Ajinomoto Indonesia.

Menurutnya, Ajinomoto juga banyak menerapkan aktivitas produksi yang ramah lingkungan seperti pengurangan 38.500 ton emisi karbon (CO2) dengan berbagai cara, seperti mengurangi konsumsi bahan bakar seluruh transportasi di tempat kerja, memangkas penggunaan tenaga listrik, dan mengatasi kebocoran uap pada peralatan produksi. Kami mempunyai target mengurangi 180 ribu ton CO2 pada 2023. 

Ajinomoto juga berkomitmen mendukung pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan air hingga 35 persen dengan melakukan penghematan melalui peningkatan kualitas air di setiap aktivitas produksi.

Komitmen ini juga sebagai wujud partisipasi dalam mensukseskan program pelestarian lingkungan hidup dari Pemerintah Indonesia dan seiring dengan cita-cita Ajinomoto Co Inc untuk mengurangi dampak lingkungan hingga 50 persen. Langkah ini juga bertujuan untuk menjaga ketersediaan air dalam skala regional, sehingga dapat membantu mengatasi keterbatasan sumber daya air akibat peningkatan konsumsi air terutama pada saat masa pandemi.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat