Pemain Manchester United (MU Bruno Fernandes (kanan) membawa bola dalam sebuah pertandingan. | EPA-EFE/VICKIE FLORES

Olahraga

24 Nov 2021, 07:08 WIB

MU Lolos ke 12 Besar

MU bermain dengan tempo pelan.

VILLARREAL--Manchester United lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah menang 2-0 atas tuan rumah Villarreal dalam pertandingan kelima penyisihan grup F Liga Champons, di Stadion El Madrigal, Rabu (24/11) dini hari WIB. Dua gol kemenangan MU dicetak oleh Cristiano Ronaldo dan Jadon Sancho.

Villarreal tampil lebih menekan ketika pertandingan dimulai. Mereka menciptakan sejumlah peluang yang membahayakan. Sementara serangan MU dengan mudah di patahkan.

Pada menit kelima, tuan rumah mendapatkan peluang membuka keunggulan melalui tembakan Moi Gomez. Namun David de Gea berhasil menepisnya.

Lima menit kemudian giliran Yeremy Pino yang membuat peluang ketika tembakannya terlalu mengarah ke sisi kanan gawang MU. Setan Merah bermain dengan tempo pelan. Mereka tak banyak mengejar bola di kaki lawan. Hal ini membuat Villarreal semakin leluasa menguasai penguasaan bola. Hingga menit ke-25 MU belum menciptakan peluang apapun. 

Pada menit ke-27 De Gea membuat penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan pemain Villarreal.  Pada menit ke-30, Ronaldo memiliki peluan lewat sundulan namu terlalu lemah sehingga terlalu mudah ditangkap kiper.

Ronaldo memiliki kesempatan mencetak gol lewat tendangan bebas pada menit ke-34. Tetapi tendangannya terbentur pagar betis Villarreal. Hingga babak pertama usai skor bertahan 0-0.

Babak kedua Villarreal masih menguasai permainan. Mereka lebih banyak memberikan ancaman daripada MU. Ronaldo dan kawan-kawan tetap bermain berhati-hati meskipun intensitas serangan lebih baik daripada pada babak pertama.

Pada menit ke-59, Trigueros mendapatkan peluang menciptakan peluang di depan gawang ketika dia memiliki ruang terbuka mencetak gol. Namun De Gea bermain gemilang sehingga mampu menepis tendanga Trigueros.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Manchester United (manchesterunited)

Pada menit ke-63, giliran Danjuma yang mendapatkan peluang. berdiri di sisi kiri pertahanan MU, ia melakukan tendangan pleasing setelah menerima umpan dari rekannya. Namun sepakannya masih berlambung di atas mistar.

Kiper Villarreal, Rulli melakukan kesalahan fatal ketika umpan pendeknya tak sempurna sehingga bisa direbut oleh pemain MU. Bola yang mengarah kepada Ronaldo dengan tenang mantan pemain Real Madrid tersebut mencetak gol memanfaatkan kiper yang terlalu keluar dari sarangnya.

Ronaldo nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-84 ketika mendapatkan umpan silang dari sisi kanan. Namun sontekannya terlalu melebar ke sisi kanan gawang Villarreal. Jadon Sancho menutup kemenangan MU 2-0 lewat tendangan kerasnya dari sisi kiri pada menit ke-90.

Semangat Baru Iblis Merah 

Manchester United sedang mengalami momen berat. Pekan demi pekan dilalui dengan ketegangan. Dalam 13 pertandingan terakhir di berbagai ajang, United hanya meraih empat kemenangan. Selebihnya, the Red Devils tumbang di tujuh laga. Dua partai lainnya berkesudahan imbang.

Pihak klub akhirnya memutuskan tak lagi memakai jasa pelatih Ole Gunnar Solskjaer. Drama di Old Trafford terus berlanjut. Berbagai pemberitaan seputar MU ramai terdengar.

Dimulai dari kritikan terhadap rentetan hasil buruk Bruno Fernandes dan rekan-rekan. Ditambah lagi awak media sibuk memprediksi calon pengganti Solskjaer. Apa pun itu, United butuh angin segar.

Kebetulan, sebuah laga penting menanti anak-anak Old Trafford. Sejenak wakil Inggris ini mengalihkan fokus ke Eropa. MU memiliki rapor buruk jelang partai ini. United baru saja menyerah 1-4 dari Watford. Para penggemar sempat mengeluarkan umpatan kekecewaan di Vicarage Road, akhir pekan lalu.

"Sekali lagi maaf. Kami berada dalam posisi sulit, tetapi kami akan berjuang untuk terus memenangkan pertandingan dan menempatkan tim kembali ke level top," kata penjaga gawang MU David de Gea, dikutip dari the Sport Review, Senin (22/11).

Villarreal menjadi sasaran tembak. United sangat membutuhkan kemenangan di Spanyol. Ada banyak dampak positif yang terjadi jika asa tersebut terealisasi.

Pertama, wakil Inggris itu bakal memastikan diri lolos ke babak 16 besar UCL. MU berada di puncak klasemen sementara Grup F. Marcus Rashford dkk mengantongi delapan poin yang sama dengan the Yellow Submarine di posisi kedua, tetapi United unggul head to head atas sang rival. Atalanta yang mengoleksi lima poin ada di urutan ketiga. Young Boys di posisi juru kunci (3).

Berikutnya, kemenangan ini menjadi pelipur lara di tengah periode rumit pasukan Old Trafford. Ada sedikit senyuman di saat getir. Michael Carrick yang berperan sebagai caretaker wajib memutar otak.

Ia harus bisa membuat pemainnya kembali bergairah. Secara kualitas, United memiliki amunisi mumpuni. Bahkan, pemain sekelas Jadon Sancho hingga Donny van de Beek lebih banyak menghuni bangku cadangan.

Itu membuktikan kedalaman skuad Iblis Merah. Tugas pelatih berikutnya untuk memaksimalkan potensi Cristiano Ronaldo dkk. Tapi, sebelum semua dipastikan, MU di bawah komando Carrick perlu berjuang keras di Estadio de la Ceramica.

Villarreal bukan lawan sembarangan. Pada pertemuan pertama di Old Trafford, skuad kapal selam kuning nyaris mencuri poin setelah tampil gagah berani. Sayang, pada menit terakhir, Ronaldo membuat gawang mereka bergetar.

Kali ini, wakil Spanyol itu takkan membiarkan situasi serupa terulang. Apalagi, perlahan tapi pasti, performa Villarreal membaik. Skuad polesan Unai Emery meraih dua kemenangan dan sekali imbang dalam tiga pertandingan terakhir di berbagai ajang.

Teranyar, Villarreal nyaris mencuri tiga poin di markas Celta Vigo meski pada akhirnya anak asuh Emery harus puas dengan hasil imbang 1-1 di Estadio Balaidos. Kini, fokus the Yellow Submarines 100 persen menuju duel kontra United. "Kami harus memikirkan pertandingan berikutnya dan mencapai level berbeda," ujar Emery, dikutip dari laman resmi klubnya.

Tuan rumah tidak bisa menurunkan kekuatan terbaik. Pencetak gol terbanyak Villarreal, Gerard Moreno, bakal absen. Ia sedang berjuang mengatasi cedera hamstring.

Untungnya, Juan Foyth sudah kembali. Foyth akan mengisi pos bek kanan skuad Kapal Selam Kuning dalam laga ini. ';

×