Ilustrasi Pertamina Hulu Rokan. | ANTARA FOTO

Ekonomi

Pertamina Hulu Rokan Siap Mulai Kelola Blok Rokan

Sebanyak 2.691 pekerja CPI setuju bergabung dengan Pertamina Hulu Rokan.

JAKARTA -- Pertamina siap mengambil alih pengelolaan Blok Rokan pada 9 Agustus mendatang. Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan Jaffee A Suardin menemui Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan kesiapan soal alih kelola tersebut.

Jaffee mengatakan, PHR siap untuk masuk dan mengelola Blok Rokan. Sejumlah persiapan transisi sudah dilakukan, termasuk terkait pekerja PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang menjadi pekerja PT PHR.

Sebanyak 2.691 pekerja CPI setuju bergabung dengan PHR. Jadi, nanti operasional Blok Rokan dikerjakan oleh tim lama juga. ‘’Kemudian untuk kontrak kerja, kami juga sudah lakukan mirrorring dengan CPI dan sudah mencapai 100 persen," kata Jaffee, Rabu, (4/8).

Jaffee juga menyampaikan rencana seremoni alih kelola Blok Rokan dari CPI ke PHR pada pergantian tanggal 8 ke 9 Agustus 2021. Kegiatan dilakukan secara daring dengan mengundang Forkopimda Provinsi Riau dan 7 kepala daerah wilayah kerja Blok Rokan.

"Persiapan untuk seremoni sudah dilakukan, baik oleh SKK Migas, CPI, maupun PHR, sembari kami juga memastikan proses alih kelola nanti bisa berlangsung mulus dan semua pekerjaan di Blok Rokan bisa berjalan dengan lancar," kata Jaffee.

Gubernur Riau Syamsuar mengapresiasi kehadiran Direktur PHR. Dia berharap proses alih kelola Blok Rokan dari CPI ke PHR bisa berjalan dengan mulus. ‘’Harapan kami semoga alih kelola ini berjalan lancar, pekerjaan di Blok Rokan terus berlangsung dan produksinya juga terus meningkat," ujar Syamsuar.

Dia juga berharap kehadiran PHR di Blok Rokan bisa berdampak baik masyarakat Riau. Terkait dengan hal tersebut, pemda telah menyiapkan BUMD untuk berpartisipasi dalam pengelolaan participating interest ini.

‘’Tentunya, kita harapkan bisa berimbas baik untuk pembangunan di Riau dan kesejahteraan masyarakat Riau," kata Syamsuar.

Blok Rokan dengan luas 6.453 km2 ini menghasilkan sekitar 165 ribu barel minyak per hari atau sekira 24 persen produksi minyak nasional. Untuk meningkatkan produksi pascaalih kelola, PHR menargetkan mengebor 161 sumur baru periode Agustus-Desember 2021.

Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit & Presiden Direktur Chevron Pacific, Albert Simanjuntak, mengatakan, wilayah kerja Rokan merupakan aset strategis bagi penerimaan negara dan daerah, perekonomian masyarakat, serta ketahanan energi nasional.

‘’Suatu kebanggaan bagi kami dapat mengelola aset ini dengan baik,” kata Albert, Senin (2/8). Ia berterima kasih atas dedikasi dan kinerja puluhan ribu karyawan Chevron, termasuk para pensiunan selama bertahun-tahun.

Menurut dia, performa wilayah kerja Rokan yang kokoh selama ini tidak lepas faktor SDM di belakangnya, yakni para pegawai dengan keahlian, budaya, dan etos kerja yang telah tertanam. Ia optimistis mereka bisa berkontribusi besar bagi perusahaan baru.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat