Pesepak bola Persik Yusuf Meliana Fuad (kiri) menyundul bola dengan dikawal pesepak bola Persis Solo Hapidin (kanan) pada Celebration Game di Stadion Brawijaya Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (8/12/2019) malam. Pertandingan yang dimenangkan Persis Solo d | Prasetia Fauzani/ANTARA FOTO

Olahraga

Persis Solo Dapat Pelajaran Jelang Liga 2

Persis Solo beberapa kali berhasil mengacak-acak lini belakang Bali United.

SOLO — Klub Liga 2 Persis Solo mendapatkan pelajaran baik jelang mengarungi kompetisi Liga 2 2021 yang akan dimulai Juli. Persis melakoni uji coba dengan tim papan atas Liga 1 Bali United di Stadion Manahan, Solo, Rabu (16/6) sore.

Hasilnya, Bali United memetik kemenangan 2-1. Semua gol tercipta pada babak kedua. Gol Bali dibukukan Fahmi Ayyubi dan Ilija Spasojevic. Persis memperkecil kedudukan lewat gol Rivaldi Bauwo.

Meski kalah, Laskar Samber Nyawa menunjukkan kualitas mereka bisa bersaing dengan tim sekelas Bali United. Tim asuhan Eko Purjianto memberikan perlawanan ketat kepada Serdadu Tridatu.

Baru tiga menit, Persis mengancam tamunya lewat sundulan penyerang veteran Beto Goncalves. Namun, bola tak menemui sasaran. Bali United merespons. Pada menit ketujuh, Fahmi Al-Ayyubi memberikan umpan ke Ilija Spasojevic di depan gawang Persis, tapi dapat dihentikan oleh kiper Muhammad Fahri.

Setelah peluang tersebut, Persis balik menciptakan. Heri Susanto melepaskan tembakan langsung ke gawang Bali United pada menit kesepuluh. Bola dapat diantisipasi oleh Wawan, tapi sempat terlepas dari tangannya. Untungnya, ia sigap mengamankannya kembali.

Persis beberapa kali berhasil mengacak-acak lini belakang Bali United. Delvin Rumbino memanfaatkan ruang terbuka pada menit ke-17 dengan melepaskan umpan terobosan ke area pertahanan Bali United. Namun, umpan yang terlalu deras itu lebih dekat dengan Wawan yang langsung memotongnya.

Dua menit berselang, Delvin memberikan ancaman langsung ke gawang. Namun, tendangannya masih membentur pemain belakang Bali yang selanjutnya dapat diamankan dengan mudah oleh Wawan. Persis terus membuat Bali kesulitan membangun serangannya karena selalu mendapat tekanan.

Persis menujukkan organisasi permainan yang matang menghadapi Serdadu Tridatu, dengan umpan-umpan daerah untuk membongkar pertahanan tamunya. Namun, bek Bali United masih bisa mengamankan percobaan-percobaan dari tuan rumah. Tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim hingga turun minum.  

Pada babak kedua, Bali United yang akhirnya membuka skor memanfaatkan kelengahan Persis. Al-Ayyubi menjebol gawang Persis pada menit ke-47 setelah menerima umpan matang dari Rizky Pellu.

Bali United berhasil menggandakan keunggulan mereka melalui gol yang diciptakan oleh Spasojevic pada menit ke-51. Ia menyelesaikan umpan di kotak penalti dengan eksekusi langsung ke gawang. Fahri gagal mengantisipasi tendangan keras Spaso tersebut dan membuat Bali unggul 2-0.

Persis mencoba memperkecil ketertinggalan mereka. Mereka membangun serangan ke lini pertahanan Bali dan Alberto Goncalves mendapat ruang untuk menembak. Namun, Wawan melakukan penyelamatan dari tendangan terarah Beto pada menit ke-54.

Pada menit ke-67 Persis akhirnya mampu memaksimalkan peluang yang mereka dapatkan. Mereka memperkecil ketertinggalan ketika Rivaldi Bawuo melepaskan sontekan ke gawang Wawan untuk menyelesaikan umpan matang dari Rijal Torres, yang baru masuk pada babak kedua.

Karena permasalahan teknis di stadion, pertandingan terpaksa berakhir pada menit ke-80. Laga pun berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Bali United.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat