Sejumlah warga negara asing (WNA) dengan menggunakan baju hazmat memasukkan barang bawaannya ke dalam bus saat hendak menuju tempat karantina setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (30/1/2021). | FAUZAN/ANTARA FOTO

Nasional

683 WNA Masuk Sejak Januari

Sebagian besar merupakan para tenaga kerja dari Cina.

JAKARTA – Sebanyak 158 warga negara asing (WNA) asal Cina kembali masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (15/5) pekan lalu. Berdasarkan manifest, terdapat 170 penumpang yang terdiri dari 158 WNA Cina dan 12 orang WNI.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, para penumpang datang menggunakan pesawat reguler. Kedatangan mereka diklaim telah sesuai aturan dan dilakukan penanganan sesuai aturan pencegahan Covid-19 terhadap WNA yang masuk ke wilayah Indonesia.

“(Para penumpang) sudah mengikuti ketentuan Imigrasi dan protokol kesehatan. Penumpang pesawat ini bisa WNI seperti pekerja migran atau pelajar, diplomat, akademisi  dan lainnya,” kata Adita dalam keterangannya, Senin (17/5).

Bila dihimpun, sejak Januari 2021 tercatat sudah 683 WNA yang masuk ke wilayah Indonesia. Sebagian besar merupakan para tenaga kerja dari Cina. Pada 1 Januari 2021 tercatat ada 13 warga negara Cina masuk dengan pengecualian karena memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) melalui Bandara Soekarno-Hatta. Padahal, larangan WNA masuk ke Indonesia mulai diberlakukan pada hari itu.

photo
Sejumlah warga negara asing (WNA) dengan menggunakan baju hazmat tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (2/1/2021). - (FAUZAN/ANTARA FOTO)

Selang dua pekan, sebanyak 153 warga negara Cina tiba di Bandara Seokarno-Hatta pada Sabtu (24/1). Mereka mendarat dengan Pesawat China Southern Airlines dari Guangzhou dengan membawa 171 penumpang yang terdiri 153 warga negara Cina dan 18 WNI. Kemudian pada 21 April 2021, sebanyak 117 warga negara India masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Pada 4 Mei 2021, sebanyak 85 warga negara Cina tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Selang empat hari, yakni pada 8 Mei 2021, sebanyak 157 warga negara Cina kembali tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly meminta Direktorat Jenderal Imigrasi untuk mengetatkan prosedur pencegahan dan penanganan Covid-19 terkait perlintasan orang, termasuk WNA masuk ke Indonesia. Langkah itu guna mencegah penyebaran Covid-19 beserta varian mutasinya.

“Harus menjadi perhatian bagi kita semua bahwa perang melawan Covid-19 belum selesai. Bagi jajaran Direktorat Jenderal Imigrasi yang bekerja di perlintasan, baik darat, laut, maupun udara harus lebih meningkatkan perlindungan diri dan pencegahan bagi WNI maupun WNA yang masuk,” kata Yasonna dalam keterangannya, Senin (17/5).

Menurutnya, Indonesia harus berkaca dari situasi global pandemi Covid-19 di mana banyak negara telah memasuki masa pandemi kedua dan ketiga serta banyaknya varian mutasi virus tersebut. Dia mengatakan, contoh paling mutakhir yang terjadi di India yang mengerikan. “Kita berharap ini tidak terjadi di Indonesia,” kata dia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat