Facebook dan sejumlah platform media sosial membuat perayaan Ramadhan. | REUTERS
21 Apr 2021, 02:29 WIB

Kampanye Ramadhan Empat Aplikasi Raksasa

Facebook, Instagram, Messenger, dan Whatsapp, yang bertujuan untuk merayakan amal, kolaborasi, dan komunitas, pada Ramadhan.

 

Facebook menandai bulan Ramadhan kali ini dengan merilis kampanye global #MonthofGood. Kampanye ini menyatukan empat aplikasi raksasa, yakni Facebook, Instagram, Messenger, dan Whatsapp, yang bertujuan untuk merayakan amal, kolaborasi, dan komunitas. 

“Kami melihat para pengguna berkumpul dengan berbagai tujuan, mengumpulkan lebih dari 5 miliar dolar AS untuk organisasi nirlaba dan pribadi melalui penggalangan dana di Facebook dan Instagram,” ujar Direktur Pelaksana di Facebook MENA (kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara) Ramez Shehadi, seperti dikutip dari Arab News, Senin (19/4). 

Menurut Ramez, pada 2019, Facebook melihat orang-orang mengunggah tidak hanya tentang kegiatan amal, tetapi juga menemukan waktu untuk berefleksi. “Juga menjalin ikatan dengan keluarga mereka,” kata dia,

Terkait

Ada lebih dari 16 juta penggunaan kata “Ramadhan” dan referensi ke Ramadhan mencapai 4 juta dalam 30 hari menjelang bulan suci. Ada pertumbuhan 40 persen penggunaan kata "kebaikan" di Instagram di seluruh dunia, 30 hari menjelang bulan suci. 

Berbeda dengan tahun lalu saat pandemi baru melanda, ruang gerak masyarakat sangat terbatas. Kini Muslim menemukan cara baru untuk berkumpul, berdonasi, dan mengisi Ramadhan dengan beragam kegiatan virtual yang menginspirasi.  

Di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA) dan Turki, lebih dari 6,5 juta orang bergabung ke dalam grup yang berkaitan dengan Ramadhan yang dibuat pada tahun 2020. Misalnya, LyedFeLyed adalah grup yang dibuat tahun lalu yang bertujuan untuk menghubungkan kebutuhan para keluarga yang membutuhkan dengan donor dan asosiasi. 

“Hingga Mei tahun lalu, telah membantu 700 keluarga, dalam beberapa hari setelah pembukaan grup,” kata Shehadi. 

Kelompok lain yang muncul selama pandemi adalah Stop and Help yang didirikan oleh Heather Harries. Grup ini bertujuan untuk mengangkat semangat komunitas selama pandemi dengan menawarkan dukungan kepada keluarga yang membutuhkan. Ada juga kelompok UEA Fusion Socialites yang didirikan oleh seorang ibu asal Pakistan yang tinggal di Sharjah bernama Ayesha Sohail. Dia menggunakan keterampilan media sosialnya untuk membantu keluarga berpenghasilan rendah.

Tahun ini, Facebook memperluas kampanye di semua platformnya melalui tagar #MonthofGood. Menurut Shehadi, secara kolektif, empat aplikasi raksasa ini berkesempatan memperkuat kampanye kebaikan. 

Facebook menyediakan lebih banyak platform dan beragam fitur bagi organisasi dan individu untuk mengeksplorasi, mengekspresikan, dan menginspirasi kebaikan. Facebook juga akan menjalankan berbagai aktivasi di seluruh dunia di berbagai lokasi, termasuk India, AS, Inggris, Nigeria, dan MENA, yang berfokus pada pilar kebaikan, komunitas, dan amal. 

Selama Ramadhan, sekitar 45 persen populasi penduduk di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara menghabiskan lebih banyak waktu mereka dengan bermain gim atau berselancar di media sosial dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Hal tersebut berdasarkan survei yang dilakukan AdColony, seperti dilansir di Khaleej Times, beberapa waktu lalu.

Melalui survei yang diikuti oleh responden berusia 16 hingga 75 tahun itu, ditemukan sekitar 67 persen responden lebih banyak menggunakan ponsel pintar mereka pada siang hari selama bulan suci. Sebanyak 75 persen dari peserta mengaku menggunakan gawai untuk berbelanja, sedangkan 43 persen lebih banyak memainkan gim seluler selama Ramadhan dibandingkan dengan sebelumnya.


×