Tangkapan layar trailer chaos walking | Youtube

Geni

Film Chaos Walking: 64 Tahun Menuju Dunia Baru Prentisstown

Film Chaos Walking menjelaskan Kota Prentisstown dipimpin oleh wali kota bernama David Prentiss (Mads Mikkelsen).

OLEH RAHMA SULISTYA 

Sekelompok manusia pergi meninggalkan bumi demi mencari tempat hidup yang lebih baik. Mereka melewati perjalanan selama 64 tahun hingga akhirnya menemukan dunia baru yang mereka beri nama Prentisstown.

Namun, tempat baru itu tak seperti yang mereka bayangkan. Alih-alih lebih baik, di sana, manusia justru terjebak dan saling sikut. Di antara mereka, juga tidak ada satu pun perempuan. 

Prentisstown dipimpin oleh wali kota bernama David Prentiss (Mads Mikkelsen).

Uniknya, di sana, setiap orang bisa mendengar pikiran satu sama lain dalam aliran gambar, kata, dan suara yang disebut Noise. Bagi yang mampu mengendalikannya, hal itu justru bisa berbalik menjadi kekuatan. Salah satunya Todd Hewitt (Tom Holland). Orang tua Todd sudah meninggal. Dia tinggal bersama Ben (Demian Bichir) dan Cillian Boyd (Kurt Pitter).

Todd memiliki penemuan baru yang menjadi pintu masuk untuk menemukan penyebab sesungguhnya ibunya meninggal. Selama ini, dia hanya diberitahu bahwa semua kaum perempuan termasuk ibunya, dibantai oleh ras asli dunia baru yang disebut Spackle.

Dalam penemuan besarnya itu, Todd tak sengaja bertemu gadis bernama Viola (Daisy Ridley). Satu-satunya perempuan yang selamat. Todd harus melindunginya dari penduduk Prentisstown. Satu per satu fakta pun terungkap. Apa sebenarnya yang terjadi di Prentisstown? Mampukah Todd melindungi Viola?

Film berjudul Chaos Walking ini diangkat dari novel terkenal karya Patrick Ness berjudul The Knife of Never Letting Go yang terbit pada 2008. Akting dua pemeran utama film, Holland dan Ridley, penuh chemistry.

Dramatisasi dan komedi yang tampak mampu membuat penonton tertawa. Sayangnya, masih ada yang mengganjal terkait plot film.

Chaos Walking tidak menceritakan detail permasalahan yang ada di bumi yang membuat manusia harus mencari dunia baru. Kondisi planet anyar yang mereka tempati pun tak dijelaskan dengan baik.

Di lain sisi, film yang memakan biaya produksi hingga 70 juta dolar AS ini seolah ingin menunjukkan pesan tersirat bahwa pikiran laki-laki lebih mudah ditebak dibandingkan perempuan. Chaos Walking akan tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia mulai 7 April 2021.

 

 

Judul: Chaos Walking

Jenis film: Petualangan, fiksi ilmiah

Produser: Doug Davison, Allison Shearmur, Erwin Stoff, Alison Winter

Sutradara: Doug Liman

Penulis: Patrick Ness, Christopher Ford

Pemain: Tom Holland, Mads Mikkelsen, Daisy Ridley, Ray Mckinnon, Nick Jonas, Demian Bichir, Cynthia Erivo, David Oyelowo, Kurt Sutter

Distributor: Lionsgate

Durasi: 109 menit

Rating: 13+ 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat