Tema Utama
Ibnu Ismail al-Jazari, Sang Pelopor Ilmu Robotika
Ibnu Ismail al-Jazari yang berdarah Turki ini dijuluki sebagai Bapak Robotika.
OLEH HASANUL RIZQA
Pada masa kini, robot menjadi salah satu teknologi modern. Faktanya, ilmu tentang mesin robot telah dirintis ratusan tahun silam oleh seorang Muslim-Turki, Badiuzzaman Ibnu Ismail al-Jazari. Sosok dari abad ke-12 ini dijuluki sebagai Bapak Robotika.
Pada masa sekarang, robot telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Benda itu mampu menggantikan peran manusia dalam berbagai pekerjaan. Di dalamnya, terdapat seperangkat mesin yang bekerja otomatis untuk menyelesaikan tugas tertentu.
Bahkan, tak sedikit di antaranya yang sudah dilengkapi kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan terhubung dengan jaringan internet. Alhasil, fungsinya semakin memenuhi kebutuhan banyak orang.
Tahukah Anda siapa yang pertama kali meletakkan dasar-dasar ilmu tentang mesin robot atau robotika? Mungkin, sebagian orang akan menyangka bahwa sosok yang dimaksud ialah Leonardo da Vinci (1452-1519), seorang yang berpengetahuan luas (polymath) dari Italia zaman Renaisans.
Sekitar tahun 1495, pelukis Mona Lisa itu membuat desain sebuah mesin otomatis yang belakangan disebut sebagai “ksatria mekanis da Vinci". Malahan, tak sedikit yang mengeklaimnya sebagai robot-manusia (humanoid) pertama.
Padahal, ada ilmuwan Muslim yang jauh sebelumnya telah menciptakan humanoid. Sang penemu itu bernama Badiuzzaman Abu al-‘Iz bin Ismail bin ar-Razaz al-Jazari. Ilmuwan berdarah Turki itu menggunakan prinsip hidrostatis untuk menggerakkan mesin yang kini disebut sebagai robot.
Sekilas, benda buatannya itu tampak seperti satu set orang-orangan yang duduk di atas miniatur perahu. Di antara para “penumpang” replika kapal itu, ada yang menyerupai penabuh drum, pemetik harpa, pemain simbal, dan peniup seruling.
Dengan teknologi hidrolik, seluruh orang-orangan tersebut dapat bergerak otomatis sembari memainkan instrumen musik masing-masing. Hebatnya, semua humanoid itu dapat menghasilkan irama yang merdu. Dengan ciptaannya itu, Ibnu Ismail al-Jazari memang bermaksud menghibur para pendengar, terutama peserta jamuan minum di istana kesultanan.
Dalam artikel “The Mechanical Engineer: Abu'l Izz Badiuzzaman Ismail bin Razzaz al-Jazari” dijelaskan, sarjana Muslim ini lahir pada 1136 atau kira-kira 3,5 abad sebelum Leonardo da Vinci. Keluarganya tinggal di daerah antara Sungai Eufrat dan Tigris, Irak. Ayah dan kakeknya diketahui berprofesi sebagai petani.
Alih-alih meneruskan jejak mereka, dia lebih menyukai berkarier sebagai penulis dan ilmuwan eksperimental. Sebagian besar usianya dihabiskan untuk belajar. Ia wafat pada 1206. Ada pula yang menyebut, tokoh ini meninggal dunia dalam usia 70 tahun pada 1220.
Sumber-sumber yang pasti tentang kelahiran dan kematiannya memang cukup minim. Bahkan, hingga kini kalangan sejarawan sukar memastikan lokasi tempat kuburannya berada.
Sejak berusia anak-anak, al-Jazari sudah menunjukkan bakat dalam merancang pesawat sederhana.
Sejak berusia anak-anak, al-Jazari sudah menunjukkan bakat dalam merancang pesawat sederhana. Sebagai contoh, saat umurnya 14 tahun ia membuat kincir air kecil yang ditarik dengan tenaga tawon. Saat itu, kakeknya sangat antusias melihat kreativitas cucunya itu.
Akan tetapi, ayahnya kurang senang. Al-Jazari diharapkan lebih sering pergi ke ladang, alih-alih menghabiskan waktu di dalam kamar untuk membaca buku.
Ia bergeming. Apalagi, dukungan tetap diperolehnya dari orang-orang terdekat. Kakeknya bahkan kerap membawakan buku-buku pinjaman untuk dibaca. Akhirnya, ayahnya menerima dengan tangan terbuka cita-cita putranya yang ingin menjadi ilmuwan itu.
Selama enam tahun, al-Jazari menuntut ilmu secara autodidak, khususnya dalam bidang keahlian teknik (engineering). Berbagai pengetahuan mendasar terkait itu didapatnya dari bahan bacaan semata, seperti teks-teks terjemahan berbahasa Arab atas manuskrip-manuskrip Yunani Kuno, termasuk risalah hukum Archimedes tentang gaya benda dalam air.
Sebelum mencapai usia akil baligh, al-Jazari sudah dikenal masyarakat lokal sebagai pembuat mainan anak-anak, semisal kereta-keretaan. Bukan sembarang mainan. Sebab, benda kreasinya itu dapat maju atau mundur sendiri tanpa harus selalu digerakkan oleh tangan. Dengan keahliannya itu, ia mendapatkan penghasilan yang cukup. Reputasinya kemudian sampai ke telinga para pejabat.
Saat berusia remaja, ia ikut hijrah dengan keluarganya ke wilayah negeri Artuqid, yakni sekitar perbatasan timur negara Turki modern. Kalangan bangsawan Dinasti Artuqid terkesan dengan kemampuan al-Jazari. Sebab, dia dinilai benar-benar cemerlang dalam menciptakan alat-alat mekanis yang bisa menyelesaikan berbagai keperluan praktis. Pemuda ini lantas ditunjuk sebagai kepala insinyur (rais al-a’mal) di ibu kota, Diyar Bakr.
Donald Routledge Hill, yang telah menerjemahkan salah satu karya besar al-Jazari ke dalam bahasa Inggris, menuturkan karakteristik sang Muslim polymath. Menurut Hill, pada puncak kariernya al-Jazari mengabdi pada Nashiruddin, penguasa Artuqid kala itu.
Di dalam buku yang terbit pada 1206 itu, sang alim menjelaskan tentang cara kerja dan langkah-langkah pembuatan sebanyak 50 pesawat mekanis.
Selama 25 tahun, dia bekerja sebagai ilmuwan resmi kerajaan. Beberapa kitab monumental karangannya selesai berkat dukungan penuh raja Bani Artuqid, seperti Kitab fii Ma'rifat al-Hiyal al-Handasiya (Kitab pengetahuan tentang rancang bangun mesin). Di dalam buku yang terbit pada 1206 itu, sang alim menjelaskan tentang cara kerja dan langkah-langkah pembuatan sebanyak 50 pesawat mekanis.
Hill mengatakan, dalam pengertian modern sosok al-Jazari lebih tepat digolongkan sebagai insinyur praktis, alih-alih penemu yang merancang alat dari nol. Sebab, sejumlah perangkat yang diciptakannya berangkat dari telaah sendiri atas berbagai penemuan sebelumnya. Dengan merujuk pada teori-teori fisika tertentu, dia dapat membuat alat baru yang lebih presisi.
Sebut saja, salah satu karyanya yang berupa satu set robot pemain musik di atas miniatur perahu. Orang-orangan yang duduk pada benda itu otomatis mengeluarkan irama yang merdu tiap satu jam sekali.
Seluruh humanoid itu dapat bekerja karena terhubung dengan serangkaian piston dan kabel yang digerakkan oleh air. Untuk membuat rancangan alat ini, al-Jazari mengaku terinspirasi jam air dari teori Archimedes.
Selain itu, tiga orang ilmuwan Muslim yang satu generasi di atasnya juga menjadi inspirasinya, yakni Banu Musa Bersaudara. Tentu saja, al-Jazari telah melalui kerja keras sebelum menghadirkan pelbagai perangkat karyanya.
Ia pertama-tama harus memahami sejumlah teori fisika yang berkaitan dengan rancangannya. Setiap alat mekanis yang diciptakannya lahir dari eksperimen panjang. Bukan sekali uji lantas berhasil seketika. Ada proses yang panjang sebelum akhirnya alat-alat itu bekerja sesuai harapan.
Hingga akhir hayatnya, ia telah menghasilkan lebih dari 174 gambar rancangan perangkat mekanis.
Hingga akhir hayatnya, ia telah menghasilkan lebih dari 174 gambar rancangan perangkat mekanis (ashkal). Sebanyak 80 gambar di antaranya, termasuk yang dimuat dalam Kitab fii Ma'rifat, pernah dibuat dalam bentuk riilnya. Buku itu pun ditulis atas permintaan Sultan Nashiruddin, yang ingin agar sang ilmuwan mengabadikan penjelasan tentang benda-benda ciptaannya.
Dengan begitu, para sarjana di kemudian hari dapat menelaahnya dan mengambil inspirasi darinya. Terbukti, bahkan delapan abad sesudah kematiannya, Kitab fii Ma’rifat masih menjadi bacaan para akademisi dan insinyur dunia. Al-Jazari pun didaulat sebagai Bapak Robotika atau pelopor ilmu teknik modern.
Banyak alat canggih yang biasa dijumpai hari ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari rancangan karya al-Jazari. Misalnya, roda katrol besar yang bertumpu pada keseimbangan statis, alat kalibrasi, laminasi kayu, serta roda gerigi untuk memindahkan putaran atau gaya dari dua poros berbeda.
Satu lagi konsep rancangan buatannya yang masih diterapkan hingga kini ialah alat mencuci tangan atau wastafel. Alat ini dirancang al-Jazari atas permintaan raja Artuqid yang merupakan patronnya.
Satu lagi konsep rancangan buatannya yang masih diterapkan hingga kini ialah alat mencuci tangan atau wastafel.
Sang sultan ingin agar kompleks istananya menjadi tempat yang nyaman bagi siapapun untuk mengamalkan salah satu kebiasaan islami: menjaga kebersihan. Alat tersebut tidak hanya dipakai untuk mencuci tangan, tetapi juga berwudhu. Memang, pemimpin Muslim ini gemar mempertahankan wudhu antarwaktu shalat.
Peralatan ini merupakan hasil pemikiran yang jenius. Sejarawan sains Mark E Rosein mengakui alat rancangan al-Jazari sebagai cikal-bakal wastafel modern. Sebab, prinsip kerjanya serupa dengan yang biasa ditemui pada zaman sekarang. Misalnya, adanya mekanisme keran pembersih (flush) untuk keperluan membasuh tangan. Sarjana Muslim ini diketahui memakai teknik demikian dalam menghasilkan kreasi-kreasi lainnya, semisal air mancur ataupun jam air.
Ehsan Masood dalam Science and Islam: A History (2009) menjelaskan gagasan yang diterapkan pada mekanisme wastafel karya al-Jazari. Tekanan air dimanfaatkan untuk otomatisasi keluarnya air sesuai kebutuhan pengguna.
Pada alat pencuci tangan buatan sang insinyur dari abad ke-12 ini, terdapat wadah untuk menampung air. Di atasnya, diletakkan sebuah cawan besar yang tampak cantik karena dipegang patung berbentuk sosok perempuan. Cawan berfungsi sebagai keran tempat air keluar. Air itu diambil dari sumbernya dan diterik dengan mekanisme tekanan air pula.
Siapapun yang ingin membasuh tangannya, cukup menarik tuas. Secara otomatis, air akan mengucur dari cawan tadi ke arah penadah air. Selain untuk mencuci tangan atau muka, alat ini juga kerap dipakai untuk berwudhu. Alhasil, kebermanfaatannya tidak hanya untuk kalangan istana, tetapi juga publik, khususnya jamaah masjid seantero negeri Artuqid.
Mencuci tangan tak sekadar mengalirkan air bersih. Peradaban Islam pada masa itu pun sudah mengenal sabun. Maka, al-Jazari membuat tempat sabun di sisi wastafel karyanya.
Uniknya, tempat itu sengaja dirancang dengan apik, yakni berbentuk burung merak. Ia memang terinspirasi akan keindahan burung berekor bak kipas itu. Tak lupa, tempat handuk kecil pun dipasang di dekatnya.
Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.