Kendaraan menerobos banjir di Jalan Warung Buncit Raya, Jakarta, Sabtu (20/2/2021). Kendaraan yang terendam banjir bisa dilihat dari eksterior dan interiornya. | Republika/Putra M. Akbar

Otomotif

Kenali Mobil Bekas Banjir

Kendaraan yang terendam banjir bisa dilihat dari eksterior dan interiornya.

OLEH ERIC ISKANDARSJAH Z

Tahun silih berganti, tapi banjir masih saja selalu mengintai. Lagi-lagi, luapan air yang terjadi di jalanan dan permukiman pun otomatis membuat banyak mobil terendam karena tak sempat dievakuasi.

Akhirnya, mobil itu kemudian mengalami kerusakan. Tak sedikit, pemilik kendaraan pun memutuskan untuk memperbaiki lalu menjualnya ke pihak lain. Kondisi ini membuat pasar mobil bekas atau pasar sekunder diramaikan oleh banyak mobil yang sempat terendam banjir. Oleh karena itu, pembelian mobil bekas jadi lebih tricky, sehingga konsumen harus lebih jeli dan tak hanya tergiur oleh harga yang lebih murah.

Berkaitan dengan hal ini, BMW Astra memberikan edukasi soal kendaraan yang terindikasi pernah terendam banjir. Aftersales Manager BMW Astra, Budi Kurniawan, mengatakan, mobil terkena banjir memang biasanya menimbulkan sejumlah gejala yang perlu diperhatikan.

"Sejumlah indikasi itu dapat dilihat dari sisi eksterior maupun interior. Tapi, indikasi yang paling banyak muncul adalah dari sisi interior mobil," kata Budi kepada Republika, Selasa (2/3).

Salah satu tanda yang cukup menonjol adalah dari sisi aroma pada bagian kabin. Menurutnya, ada aroma lumpur pada mobil yang sempat terkena banjir. Aroma itu pun sangat sulit untuk dihilangkan, sehingga baunya bisa menetap untuk beberapa waktu tertentu.

 
Sejumlah indikasi itu dapat dilihat dari sisi eksterior maupun interior. Tapi, indikasi yang paling banyak muncul adalah dari sisi interior mobil.
 
 

Selanjutnya, tanda lainnya juga bisa dilihat dari sejumlah karat pada bagian baut. Biasanya baut yang berkarat ada pada bagian bawah jok. "Jika baut tersebut berkarat, maka kemungkinan besar hal itu terjadi karena air sempat masuk ke bagian kabin mobil," ucapnya.

Rendaman air juga otomatis membuat sejumlah kinerja kelistrikan jadi terganggu. Oleh karena itu, jika mobil tersebut mengalami persoalan pada bagian lampu, klakson, speaker, atau instrumen kelistrikan lainnya, maka itu bisa jadi indikasi bahwa mobil itu sempat terkena banjir.

"Untuk beberapa mobil tertentu, banjir yang sempat masuk ke dalam kabin juga mempengaruhi kinerja jok elektrik. Biasanya, jok elektrik yang bergerak dengan pelan atau terpatah-patah, maka itu menandakan bahwa air sempat masuk ke dalam kabin," kata dia.

Nah, bagi konsumen yang memang tergiur dengan mobil yang sempat terendam banjir, lantaran harganya lebih murah, ia juga memiliki sejumlah anjuran yang dapat dilakukan agar mobil tak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

republikaonline

Jalan Semarang menuju Demak dan sebaliknya terhambat genangan air ##Semarang ##Banjir ##TiktokBerita original sound - Republika

Menurut Budi, konsumen harus segera melakukan general check-up di bengkel resmi. Sangat dianjurkan untuk menyampaikan kepada service advisor bahwa mobil itu sempat terendam banjir.

Lewat informasi krusial itu, maka teknisi akan menjalankan prosedur pemeriksaan yang lebih komprehensif. Sejumlah prosedur itu, di antaranya adalah pemeriksaan service record atau catatan historis soal perawatan apa saja yang pernah dilakukan pada mobil. Selanjutnya, teknisi juga akan melakukan pemeriksaan pada elemen kelistrikan dan sensor dengan scanner.

Selain itu, Service Advisor Auto2000 Pandeglang, Aprian Ramadhan, juga menyarankan agar konsumen dapat segera melakukan pemeriksaan dan penggantian oli. Mengingat, pelumas merupakan salah salah satu elemen yang paling berpotensi terkontaminasi oleh air genangan.

"Pemeriksaan itu perlu dilakukan pada seluruh oli, baik oli mesin, oli garden, dan oli transmisi. Namun, jika memang setelah diperiksa ternyata oli terlihat masih dalam kondisi normal, maka pengendara tak perlu melakukan penggantian," kata Aprian.

 
Pemeriksaan itu perlu dilakukan pada seluruh oli, baik oli mesin, oli garden, dan oli transmisi.
 
 

Selain oli, terdapat elemen lain yang juga harus diperiksa. Terutama, yang berkaitan dengan kelistrikan mobil. Menurutnya, salah satu elemen yang harus diperiksa adalah bagian alternator. Mengingat, elemen ini merupakan sumber dari seluruh tenaga listrik yang ada dalam mobil.

Bagian selanjutnya adalah electronic control unit (ECU). Menurutnya, mobil modern saat ini sudah dilengkapi dengan ECU yang berfungsi untuk mengatur suplai bahan bakar. Ia menekankan, kalau ECU sampai kemasukan air, maka akibatnya sangat fatal karena terdapat komponen vital berupa integrated circuit (IC).

Oleh karena itu, mobil dipastikan bakal mogok apabila ECU terkena air. Jadi sebelum hal itu terjadi, maka disarankan untuk segera periksa ECU setelah terkena banjir.

Berkaitan dengan banjir, sejumlah bengkel resmi saat ini telah menanggapi kebutuhan konsumen soal layanan towing. Salah satu yang menawarkan jasa penjemputan ini adalah BMW Astra.

CEO BMW Astra, Fredy Handjaja, mengatakan, layanan penjemputan untuk mobil BMW dan Mini sengaja dihadirkan untuk memberikan solusi bagi kendaraan konsumen yang mengalami persoalan teknis akibat banjir maupun kendaraan yang tengah terjebak dalam lokasi banjir.

"Layanan ini akan membantu konsumen dalam melakukan evakuasi kendaraan. Tentu, hal ini dapat membantu konsumen dalam menghindari kerusakan mobil yang diakibatkan oleh banjir," kata Fredy.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat