Pemanfaatan IP Camera | Dok Imou

Inovasi

Mengenal Teknologi IP Camera  

IP Cam berfungsi dengan mengandalkan koneksi internet.

 

Selama ini, Closed-Circuit Television (CCTV) merupakan salah satu teknolohi kamera pengawas yang telah dikenal luas. Sama-sama berperan sebagai kamera pengawas, tidak banyak yang sadar banyak perbedaan antara Closed-Circuit Television  (CCTV) dengan IP Cam (Internet Protocol Camera) atau Smart Cam atau WiFi Cam.  

CCTV bekerja dengan mengandalkan sinyal analog, sementara IP Cam berfungsi dengan mengandalkan koneksi internet, memiliki tingkat ketajaman, analisa video hingga efisiennya yang berbeda.

Dari segi kualitas gambar, IP Camera memiliki kualitas yang lebih baik dibanding CCTV analog biasa. Sementara, dari segi analisa video, tak seperti CCTV yang hanya bisa menyimpan hasil rekaman selama beberapa saat saja, IP Camera mampu menyimpan hasil rekaman lebih lama sehingga proses analisa video lebih mudah dilakukan.

Kemudian, dari sisi efisiensi, IP Camera lebih efisien dibanding CCTV analog. Biasanya, pengguna kamera pengawas akan menemukan banyak perangkat keras dan kabel jika memilih menggunakan CCTV analog. 

Belum lagi konfigurasi yang sulit antara digital video recorder (DVR) dengan setiap kamera yang terhubung, sekaligus dengan monitornya. Berbeda dengan IP Camera, pengguna hanya perlu menyetel switch yang nantinya akan langsung ditransfer ke Network Video Recorder. Dengan begitu, IP Camera menjadi lebih simpel dan ringkas.

photo
IP Camera untuk pengawasan - (Dok Imou)

Keunggulan yang dimiliki IP Cam ini membuatnya lebih cocok digunakan untuk mengawasi rumah, kantor, gudang atau tempat tempat lain. Apalagi, saat ini banyak perumahan yang dibangun dengan konsep smart home yang terkoneksi dengan internet dan teknologi mutakhir.

Regional Head of Imou South Pacific, Siti Li menjelaskan, IP Cam dari Imou memiliki field of view yang lebih luas, zoom lebih besar, dan audio yang sudah full duplex. Menurutnya, fiur-fitur ini, tidak akan ditemukan di CCTV. 

Penggunaanya pun cocok untuk keluarga yang memilki rumah dan mau memasang kamera pengawas yang cerdas di rumah. Sistem Imou juga mudah diatur dan dihubungkan dengan SmartHome. 

Untuk menjaga keamanan dan privasi pengguna, Imou Cloud menggunakan enkripsi tingkat tinggi untuk melindungi privasi. Dengan begitu, tidak ada orang lain yang dapat melihat data pribadi pengguna. 

Semua video yang terkekan, dapat dienkripsi dengan kata sandi yang disesuaikan untuk memberikan lapisan keamanan ekstra. Pengguna dapat menggunakan Echo Show atau Google Home untuk mengontrol kamera Imou yang mendukung Wi-Fi. Caranya, cukup minta perangkat kita untuk menampilkan kamera halaman belakang, kamera pintu depan, atau di mana pun pengguna memasang kamera Imou.

Beberapa produk IP Cam Imou yang paling banyak dicari dan sudah tersedia di pasar Indonesia, antara lain  Outdoor Monitoring seperti New Bullet dan Bullet 2C, atau  Indoor Monitoring seperti Cue 2,  Ranger 2 dan Ranger 2S. 

 

 
IP Cam Imou New Bullet memiliki fitur pencegahan aktif, dengan lampu sorot internal dan suara sirene keamanan 110 dB untuk menakuti orang asing, sebelum memasuki rumah.
Siti Li, Regional Head of Imou South Pacific
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat