Audisi film Mencari Siti | Erdy Nasrul/Republika
23 Dec 2020, 06:16 WIB

Menjaring Bakat Muda Lewat Mencari Siti

Mencari Siti diadaptasi dari kisah Siti Nurbaya karya sastrawan Indonesia, Marah Roesli

Indonesiakaya.com kembali menghadirkan program kreatif terbaru yang ditujukan kepada para seniman muda Indonesia. Bekerja sama dengan sutradara kenamaan Indonesia, Garin Nugroho, dan kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN), Indonesiakaya.com menggelar audisi daring "Mencari Siti" pada pengujung tahun ini.

"Mencari Siti" merupakan rangkaian program daring yang bertujuan menyaring para seniman muda berbakat Indonesia. Peserta yang memiliki kemampuan vokal, tari, dan akting yang telah mengikuti serangkaian program ini berkesempatan menjadi bagian dari drama musikal terbaru yang disutradarai oleh Garin Nugroho. 

Karya yang diadaptasi dari kisah Siti Nurbaya karya sastrawan Indonesia, Marah Roesli, ini rencananya akan diproduksi pada 2021. Berbeda dengan produksi lainnya, "Mencari Siti" seluruhnya akan diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program daring dan berhasil lulus seleksi.

"Program ini memungkinkan setiap orang memiliki kesempatan yang sama di manapun dia berada untuk turut mewarnai dunia seni pertunjukan Indonesia," ujar Program Director Indonesiakaya.com Renitasari Adrian, Selasa (8/12).

Terkait

Serial musikal daring yang berkisah tentang Siti Nurbaya tersebut akan dibuat dalam kemasan baru. Ada adaptasi dari segi cerita dan penggunaan teknologi secara daring untuk kemasan cerita yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan arahan Garin Nugroho, elemen dari seni teater, seni tari, seni suara, dan teknologi film menjadi satu. Tujuannya untuk menciptakan karya baru bagi dunia kreatif Indonesia.

Garin menjelaskan alasannya memilih mengadaptasi kisah Siti Nurbaya. Menurut dia, kisah Siti Nurbaya sangat cocok dengan konsep pertunjukan musikal. Kisahnya sederhana, tapi kompleks dan ceritanya juga masih sangat berkaitan dengan zaman sekarang.

Pertunjukan musikal itu tidak jauh-jauh dari cerita cinta atau konflik anak muda seperti kisah Romeo dan Juliet. “Karya sastra di Indonesia sangat banyak. Namun, saya melihat bahwa kisah Siti Nurbaya ini termasuk pada cerita abadi. Pada era sekarang saja kita bisa dengan mudah menemukan kisah yang sama," kata Garin.

Memproduksi pertunjukan musikal secara virtual nyatanya membuat sutradara kenamaan ini semakin tertantang. Apalagi, dalam kondisi seperti sekarang, di mana pandemi Covid-19 masih belum bisa dikendalikan.

Garin berpendapat, media berkesenian harus bisa mengikuti zaman. "Saat zaman sekarang semua serbadaring, bagaimana cara kita bisa mencoba adaptasi, meski banyak hal yang berbeda," kata Garin.

photo
Sutradara Garin Nugroho - (Republika/Prayogi)

Garin melihat Indonesia memiliki potensi luar biasa dalam industri pertunjukan teater musikal seperti halnya Broadway. Dilihat dari perkembangannya, Indonesia sebenarnya sudah lama dan dekat dengan seni tari dan seni musik yang telah muncul dan berkembang sejak zaman dahulu. Hal ini banyak ditemukan dalam pertunjukan rakyat di berbagai daerah.

Indonesia juga memiliki banyak karya luar biasa dari para sastrawan. Ini yang menginspirasinya untuk mengangkat kisah klasik Siti Nurbaya dengan melibatkan tim penulis yang didapat dari open casting dan memperkayanya secara musikal. 

 

 

Kami membuka kesempatan kepada generasi muda untuk terus berkarya dan bisa tetap berkreasi secara positif meski berada di tengah pandemi.

 

GARIN NUGROHO, Sutradara
 

Untuk program awal, Indonesiakaya.com telah menggelar workshop "Mencari Penulis" yang mendapat atensi yang tinggi dari masyarakat. Dari 400 orang yang mendaftar, berhasil dipilih 70 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang telah mengikuti masterclass online dengan Garin Nugroho dan Nia Dinata pada 25 November 2020. Para peserta terpilih diberi tugas sebagai tahap audisi untuk dapat terlibat sebagai tim penulis di serial drama musikal ini.

Program pencarian para pemain serial musikal daring ini akan dibuka mulai 8 hingga 31 Desember 2020. Audisi daring tersebut bisa diikuti pria maupun wanita umur 18 hingga 35 tahun, memiliki kemampuan akting, vokal, dan menari. 

Calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran melalui www.indonesiakaya.com dan seluruh kegiatan ini tidak dipungut biaya (gratis).

Selain itu, peserta juga harus merekam dua lagu audisi, yakni lagu wajib dan lagu karakter sesuai peran yang diinginkan. Pemilihan lagu karakter ini terdiri dari tiga karakter utama, yaitu Siti Nurbaya, Datuk Maringgih, dan Samsul Bahri. 

Peserta juga harus menunjukkan akting, vokal, dan koreografi secara keseluruhan sesuai video materi audisi yang tersedia di Instagram @indonesia_kaya dan mengunggah kedua video audisi dalam satu unggahan secara multiple di akun Instagram dengan tag @indonesia_kaya dan mencantumkan tagar #MencariSiti.


×