Lambang Partai Ummat | istimewa

Nasional

Amien: Logo Partai Ummat Perisai Tauhid

Amien Rais mengatakan pemilihan logo partai barunya ini adalah perisai tauhid.

JAKARTA -- Amien Rais resmi meluncurkan logo Partai Ummat. Amien Rais mengatakan pemilihan logo partai barunya ini adalah perisai tauhid. Ia mengaku, pemilihan logo Partai Ummat diputuskan melalui musyawarah panjang. 

"Setelah bermusyawarah panjang, kami akhirnya memutuskan bahwa logo Partai Ummat adalah Perisai Tauhid," kata Amien melalui akun resmi Youtubenya Amien Rais Official, Selasa (10/11). Bintang berwarna keemasan dengan warna dasar berwarna hitam menjadi logo Partai Ummat. 

Amien menjelaskan, bintang di dada Garuda Pancasila merupakan simbol Maha Esa. Ia juga menjelaskan, kalimat tauhid dalam Islam disebut kalimat thayyibah, yakni pohon indah yang akarnya merasuk ke dalam bumi. Sedangkan, cabangnya menjulang tinggi ke angkasa memberi manfaat kepada alam sekitarnya sepanjang massa dengan izin Tuhannya.

Selain itu, pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu menuturkan, logo Partai Ummat terilhami dari kiswah Ka'bah yang memadukan warna kuning dengan hitam sebagai warna dasarnya. "Bila bendera Partai Ummat berwarna hitam, perisai Tauhid juga berwarna hitam, dilingkari warna keemasan, dengan bintang keemasan maka ilham itu tentu datang dari Kiswah Ka'bah yang merupakan perpaduan dari beludru hitam dan benang emas," ujarnya.

Amien menuturkan dengan kiswah tersebut, Ka'bah nampak anggun, mulia, dan berwibawa. Ka'bah juga menjadi kiblat bagi umat Islam sejak zaman Nabi Ibrahim sampai sekarang dan sampai akhir zaman.

"Dengan perisai Tauhid yang berwarna hitam dan bendera Partai Ummat yang juga berwarna, hitam maka perisai Tauhid menjadi pancaran autentik dari kalimat syahadah, kalimat thayyibah dan sekaligus kalimat pembebasan," ujarnya.

Amien menambahkan, kalimat syahadah juga harus mewarnai seluruh aspek kehidupan dan aktivitas manusia. Termasuk kehidupan politik, kehidupan bernegara pada arah dan tujuan yang diridhai Allah SWT. "Insya Allah logo dan bendera partai ummat mengingatkan selalu para kader dan anggota Partai Ummat agar dalam bekerja dan berjuang hanya mencari ridha illahi dan bukan ridha manusia," tegasnya.

Sebelumnya, loyalis Amien Rais Agung Mozin mengeklaim peluncuran logo sengaja dilakukan bertepatan dengan kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. "Logo kita sangat spesifik dari nama dan warna penuh makna maka kita sengaja luncurkan bersamaan dengan tanggal kedatangan Habib Rizieq," kata Agung.

Ia menjelaskan, alasan logo tersebut diluncurkan bertepatan dengan kepulangan Rizieq lantaran desain logo Partai Ummat sama dengan semangat perjuangan Rizieq Shihab. Dirinya optimistis Rizieq akan gembira melihat itu. Menurutnya, Partai Ummat menyambut baik kedatangan Rizieq Shihab ke tanah air. Agung menilai peluncuran logo tersebut merupakan bentuk rasa syukur kembalinya Rizieq ke Indonesia.

"Maka oleh sebab itu Partai Ummat menyambut kedatangan HRS dengan penuh kegembiraan dan rasa syukur yang diwujudkan dengan perluncuran simbol partai yang sinkron dan senafas dengan perjuangan HRS, yaitu melawan kezhaliman dan menegakkan keadilan," tuturnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat