Fanatik

pada Kualitas Karya

Sampul edisi ulang tahun ke-26 Republika ini merupakan revisi dari desain sebelumnya yang mendikotomi media cetak dan media digital. Pada desain sebelumnya tergambar kapal kertas yang terbuat dari koran berlayar di tengah gelombang digital.

 

Ada dua makna yang bisa disampaikan melalui desain tersebut. Mereka yang optimistis akan mengatakan bahwa koran akan tetap tegar menghadapi gelombang digital. Sebaliknya, desain itu juga bisa dimaknai bahwa gelombang digital akan segera menenggelamkan koran.

 

Sebagai tema ulang tahun ke-26 Republika, isu yang mendikotomi cetak dan digital terasa kurang mengena. Lagi pula, Republika tidak dalam posisi yang mendikotomikan keduanya. Biarlah kedua platform itu menemukan jalan hidupnya masing-masing.

 

Republika juga tidak mau masuk pada fanatisme platform atau medium. Konten yang menjadi karya Republika memang awalnya didistribusikan melalui platform cetak. Kemudian, mulai 1995, Republika memanfaatkan website sebagai platform berikutnya untuk menebar karya-karyanya. Selanjutnya, Republika juga memanfaatkan platform aplikasi mobile untuk menyebarkan kontennya.

 

Saat ini Republika juga menggunakan media sosial sebagai platform untuk menyajikan karya karyanya. Nanti kelak entah akan ada platform apalagi yang harus Republika manfaatkan. Dengan kondisi seperti ini, Republika memilih fanatik pada kualitas karya untuk tumbuh dan berkembang.

Dibandingkan sibuk mendikotomi

platform, Republika lebih senang terus meningkatkan kualitas dan varian karya. Penguatan sumber daya manusia menjadi kata kunci untuk menghasilkan karyakarya

pilihan yang kredibel dan bermaslahat bagi masyarakat.

 

Kreativitas awak Republika kini terus ditantang untuk bisa kompatibel dengan segala jenis medium yang bisa menjangkau masyarakat luas. Keluwesan kru Republika terhadap segala jenis platform juga terus diasah.

 

Keluwesan ini menjadikan Republika memandang segala jenis platform yang ada saat ini maupun yang akan muncul pada masa mendatang sebagai peluang

untuk berkembang.

 

Atas dasar pemikiran inilah kemu -

dian sampul edisi khusus ulang tahun ke-26 Republika diubah. Kapal kertas yang terombang-ambing di tengah ge lombang berganti menjadi akar yang kuat menghunjam untuk menguatkan pertumbuhan. Kami meyakini, dengan akar yang kuat, Republika akan terus bertumbuh dalam segala warna perubahan zaman.

Irfan Junaidi

Pemimpin Redaksi Republika