Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin meleps Obor Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) IX telah dinyalakan menggunakan api, yang diambil dari sumber api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Senin (21/11). | Humas Provinsi Jawa Tengah

Jawa Tengah

2.800 Santri Ikuti Pospenas IX

Sportivitas dan kejujuran adalah yang utama dalam sebuah pertandingan.

SOLO -- Perhelatan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX 2022 telah dimulai. Acara pembukaan pun berlangsung meriah di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/11/22) malam.

Ribuan santri dari seluruh provinsi Indonesia memadati dalam dan luar Stadion Manahan dengan baju serba putih. Pembukaan Pospenas IX dihadiri langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang sekaligus membuka event.

photo
Ketua Umum PP GP Ansor sekaligus Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai Apel Siaga GP Ansor dan Banser DIY di Alun-alun Selatan Yogyakarta, Ahad (23/10/2022).  (Republika/Wihdan Hidayat)

Dalam sambutannya, Menag mengungkapkan apresiasinya karena minat dan antusiasme santri mengikuti ajang ini. "Para santri selama ini bisa menjadi apa saja, jadi Presiden, Wakil Presiden, menteri, dan sebagainya. Bahkan menjadi atlet-atlet kebanggaan Indonesia. Pada pospenas ini menjadi ajang kita semua memunculkan atlet baru," kata Menag Yaqut.

 
Para santri selama ini bisa menjadi apa saja, jadi Presiden, Wakil Presiden, menteri, dan sebagainya. Bahkan menjadi atlet kebanggaan Indonesia.
YAQUT CHOLIL QOUMAS Menteri Agama
 

Ia mengatakan sportivitas dan kejujuran adalah yang utama dalam sebuah pertandingan. Hal tersebut selaras dengan diajarkan para kiai di pondok pesantren. Dengan begitu Yaqut mengajak para santri agar mempraktikkan semua ilmu yang telah didapatkan. "Seperti tema yang diangkat pada Pospenas IX ini 'Gerak Santri Bangkit Negeri'. Diharapkan para santri dapat berkontribusi aktif untuk negeri tercinta ini," ungkapnya. 

Sementara itu, rangkaian acara diawali dari pembacaan doa dari oleh para ustaz yang dilanjutkan dengan opening ceremony. Dilanjutkan dengan parade atlet yang dilakukan per kontingen per provinsi kemudian satu-per satu provinsi mengenakan pakaian sesuai kultur budaya wilayahnya.

Mereka memutari lapangan hijau sembari mengapa para santri di tribun penonton. Acara dilanjutkan dengan penyalaan kaldron obor Pospenas IX yang dibawa oleh perwakilan santri dan pemukulan kentongan oleh Menteri Agama sebagai penanda tanda dimulainya persaingan para santri dalam Pospenas IX. 

photo
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin meleps Obor Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) IX telah dinyalakan menggunakan api, yang diambil dari sumber api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Senin (21/11). - (Humas Provinsi Jawa Tengah)

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, berharap kegiatan multi event para santri yang dihelat dapat berlangsung dengan lancar dan aman. “Pospenas merupakan wujud keharmonisan antara umat beragama dengan pemerintah,” ungkap Taj Yasin.

Menurut dia, Pospenas merupakan ajang turunan metode dakwah para pendahulu dalam melakukan syiar agama Islam di Tanah Air. Seperti Wali Songo dan para kiai yang berdakwah melalui kesenian dan kebudayaan yang ada di daerah.

Adanya multi event tiga tahunan ini diharapkan juga akan semakin meningkatkan sinergitas antara santri, ulama, dan pemerintah. Taj Yasin menambahkan, Jateng menyambut seluruh peserta yang mengikuti Pospenas IX 2022 di Solo.

Pospenas kali ini diikuti 2.876 orang santri yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. “Kami mengucapkan selamat datang kepada para santri dari 34 provinsi dan kami juga berharap para santri Jawa Tengah menjadi tuan rumah yang baik dan mampu menunjukkan prestasi yang membanggakan,” kata wagub.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Pendapatan Suami tidak Cukup, Apakah Istri Harus Bekerja?

Peran istri yang bekerja tetap dikategorikan sebagai ihsan seorang istri dan bukan menjadi kewajiban.

SELENGKAPNYA

Bank Muamalat Incar Pertumbuhan DPK Sebesar 20 Persen

Digitalisasi akan membuat bank syariah berada di playing field yang sama dengan perbankan konvensional.

SELENGKAPNYA

Kadin: Industri Halal Kurang Dukungan

BSI menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 18,46 triliun untuk industri halal.

SELENGKAPNYA