AC Milan | EPA-EFE/MATTEO BAZZI

Olahraga

AC Milan Gagal Dekati Inter

AC Milan hanya bermain imbang 0-0 kontra Juventus dalam bigmatch pekan ke-23 Seri A. 

MILAN -- AC Milan kembali gagal merapat ke pemuncak klasemen sementara Seri A Liga Italia Inter Milan. Milan hanya bermain imbang 0-0 kontra Juventus dalam bigmatch pekan ke-23 Seri A di Stadion San Siro, Milan, Senin (24/1) dini hari WIB. 

Milan tertahan di posisi ketiga dengan nilai 49 dari 23 laga, sama dengan Napoli di posisi kedua. Namun, Rossoneri kalah dalam perhitungan gol. Milan tertinggal empat angka dari Inter yang juga masih punya satu laga sisa lebih banyak.

Armada Stefano Pioli telah melepas lima poin, mengingat pada laga sebelumnya Milan kalah 1-2 dari Spezia. Sementara itu, laga bigmatch sudah menanti di depan. Milan akan bertarung melawan Inter pada laga Derby della Madonnina.

Pioli memperingatkan anak asuhnya, laga versus Inter merupakan duel penentu bagi nasib Davide Calabria dan kolega untuk menjadi kampiun baru Liga Italia. Pelatih berkepala plontos itu percaya, andai Milan kalah pada laga derbi awal Februari mendatang, mimpi untuk juara bakal hancur. Menurut dia, laga kontra Inter sama krusialnya dengan duel melawan Juventus.

"Jika kami tidak mengalahkan Inter maka perjalanan kami kali ini bakal sangat mirip dengan musim lalu, ketika kami menang tapi pada akhirnya menempati posisi kedua dan berisiko tersingkir dari tempat di Liga Champions," kata Pioli, dikutip dari Football Italia.

Pioli dan para pemain Milan seakan masih kecewa dengan kekalahan kontroversial 1-2 dari Spezia. Sebab, hasil positif dari klub Kota Liguria, Italia, bisa berpengaruh pada penampilan mereka versus Nyonya Tua.

"Gelas kami setengah kosong karena hasil Spezia, bukan yang ini. Jika kami memenangkannya, hasil malam ini akan sangat berbeda," lanjut eks juru taktik Fiorentina.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by AC Milan (acmilan)

Sementara itu, situasi berbeda datang dari kubu Juventus. Pelatih Massimiliano Allegri merasa senang usai membawa pulang satu poin dari markas Milan. Ia menilai proses Nyonya Tua dalam merangkak naik ke papan atas klasemen musim ini sudah berjalan baik.

Perlahan tapi pasti, Juventus kembali menunjukkan dominasi mereka setelah awal musim yang mengecewakan. Kini, I Bianconeri berdiri di posisi kelima klasemen dengan mengumpulkan nilai 42, hanya terpaut tujuh poin dari Napoli dan Milan. Juventus juga hanya tertinggal satu angka dari Atalanta di peringkat keempat. Namun, La Dea masih punya tabungan satu laga di tangan.

"Kami menjaga Milan dalam jarak tujuh poin dan itu merupakan suatu hal yang sangat penting. Saya puas dengan kinerja tim," kata Allegri purnalaga.

Reaksi yang sama juga dirasakan juru racik Napoli Luciano Spalletti. Ia menilai anak asuhnya terus belajar dari kesalahan dan tetap bekerja keras agar bisa menjaga peluang meraih scudetto, sekaligus berjuang mengamakan tiket ke Liga Champions musim depan.

Hasil yang didapatkan para pesaingnya melegakan Inter yang bertarung lebih dulu dengan mengalahkan Venezia, 2-1. "Kami menikmati kemenangan ini dan tentu saja kami akan terus berjalan, seperti yang kami lakukan dari Juli hingga Januari ini," kata pelatih Inter Milan Simone Inzaghi, dikutip dari laman resmi Inter Milan.

Terlepas dari hengkangnya Romelu Lukaku dan pelatih Antonio Conte, perjalanan Inter di bawah Inzaghi patut mendapatkan apresiasi. Allenatore berusia 45 tahun itu sukses mempertahankan kredibilitas serta kualitas timnya. Sejak kekalahan dari Lazio dengan skor 1-3 pada 16 Oktober 2021, Inter tidak pernah menelan kekalahan dalam 14 laga, dengan 11 di antaranya berakhir dengan kemenangan.

Namun, satu catatan yang menjadi pekerjaan rumah bagi Inzaghi adalah Inter telah kebobolan tiga gol dalam dua partai di liga dan Coppa Italia. Padahal, dalam delapan partai sebelumnya, mereka hanya kemasukan satu gol dari Lazio pada pekan ke-21. "Kami bisa melakukan jauh lebih baik dengan gol meski harus kebobolan, jadi kita harus lebih kejam saat berada di lini depan," sambung eks pelatih Lazio.

Akan ada jeda musim Seri A pada akhir pekan mendatang. Pada awal Februari, masing-masing tim harus bersiap kembali berjuang. Memasuki pekan ke-24, Inter akan bersua Milan di Stadion Giuseppe Meazza pada Senin, 7 Februari. 

Pada episode pertama, kedua tim bermain imbang 1-1 pada 7 November 2021. Namun, dalam lima pertemuan terakhir, Inter lebih mendominasi daripada Milan dengan catatan tiga kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah.

Di tempat lain, Napoli akan bertemu Venezia, sedangkan Atalanta bersua Cagliari. Juventus bakal menjamu tim kuda hitam Hellas Verona di Stadion Allianz, Turin. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat