Sebuah rumah rusak terdampak akibat gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu (17/1/2021). Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 yang terjadi pada Jumat (15/1/2021) dini hari tersebut mengakibatkan 56 orang meninggal dunia dan puluhan warga ma | ABRIAWAN ABHE/ANTARA FOTO

Inovasi

Pastikan Keamanan Jaringan di Lokasi Bencana

Ketersediaan jaringan internet di lokasi bencana adalah hal yang penting.

Bencana alam gempa bumi yang melanda Mamuju-Majene, Sulawesi Barat, pada jumat (15/1) telah meluluhlantahkan kota dan mengakibatkan korban jiwa.  Masyarakat yang tempat tinggalnya rusak karena gempa, pun kini terpaksa tinggal di pengungsian 

Indosat Ooredoo pun berupaya langsung terjun membantu masyarakat selain tim teknikal yang segera memulihkan jaringan yang terdampak gempa. “Kami turut prihatin atas musibah yang menimpa masyarakat di Majene, Sulawesi Barat.  Saat bencana gempa terjadi, kami segera memastikan karyawan kami beserta keluarganya yang tinggal di sekitar lokasi dalam kondisi selamat. Kami juga mengerahkan tim teknis di lapangan dan kami telah berhasil memulihkan kondisi jaringan kami sehingga layanan dapat digunakan dengan normal kembali,” ujar Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha.

Selain itu, Mobil Klinik Indosat Ooredoo yang berada di lokasi terdekat dengan bencana juga telah disiagakan untuk memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat di sekitar lokasi bencana yang berada di pengungsian. Mobil Klinik ini, akan akan menyalurkan sembako, masker, hand sanitizer, bantuan komunikasi, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Selain di Sulawesi Barat, kepedulian sosial Indosat juga hadir di lokasi bencana lainnya di wilayah Indonesia yaitu bencana banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan. Di lokasi ini, Indosat Ooredoo juga menghadirkan pelayanan kesehatan dan pengobatan, pembagian paket sembako, masker, dan hand sanitizer serta bantuan komunikasi kartu SIM dan paket data internet.

Rencananya, Mobil Klinik Indosat juga akan beroperasi di 12 titik yaitu Kabupaten Mamuju, Majene, dan Poliwali Mandar, di Provinsi Sulawesi Barat; Kota Banjarmasin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Banjar, Tanah Laut, dan Kota Banjar Baru, dan di Provinsi Kalimantan Selatan; serta di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Perangkat Pendukung 

photo
Router untuk penyedia jaringan di kawasan erupsi Merapi - (Dok TP Link)

Komunikasi menjadi hal sangat penting dalam penanganan bencana. Peran perangkat jaringan internet pun sangat vital bagi posko kebencanaan pemerintah, relawan dalam mengatur koordinasi logistik, komunikasi pengungsi dengan keluarga. Terutama, mendukung para siswa pelajar yang tetap harus belajar daring akibat pandemi.

Hal itulah yang terjadi dalam penanganan erupsi Gunung Merapi di Sleman, DI Yogyakarta belum lama ini. Tepatnya, ketika TP Link bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyediakan akses Internet di lokasi pengungsian. 

Saat itu, TP-Link mendonasikan 10 buah CPE610 dan lima buah EAP110-Outdoor, dan menuai respon positif karena mampu membantu penanganan bencana Gunung Merapi.

Menurut Ketua  APJII Pengurus Wilayah Yogyakarta Tigor Jonson Purba, pemasangan jaringan Wi-Fi dilakukan di beberapa barak menggunakan TP-Link CPE610 dan EAP110-Outdoor sebagai backhaul dan akses point dengan hasil yang baik  Dengan kondisi alam yang berbukit dan pepohonan juga hampir selalu diguyur hujan lebat, outdoor unit CPE610 dapat mengantarkan bandwidth internet yang memadai untuk satu barak. 

EAP110-Outdoor  juga dapat dengan mudah diakses di barak pengungsian yang terdiri dari tenda penampungan, dan gedung dengan bilik–bilik tersekat yang didiami masing masing keluarga pengungsi.

Perangkat CPE610 memiliki kecepatan wireless hingga 300Mbps pada band 5GHz.  Dilengkapi dengan antena high-gain 23dBi 2x2 MIMO dan metal reflector khusus yang ideal untuk pengaplikasian jarak jauh. “Perangkat ini juga dilengkapi dengan Weatherproof IP65, ESD 15 kV dan proteksi petir 6 kV memastikan kesesuaian untuk semua cuaca,” ungkap Marketing Manager TP-Link Indonesia Yoshia.

Selain itu, Pharos Control pada CPE610 memberi akses manajemen terpusat kepada admin, serta adanya dukungan PoE (Power over Ethernet) pasif untuk memungkinkan penyebaran yang fleksibel dan pemasangan yang mudah. 

Akses Internet Gratis

photo
Penyaluran bantuan untuk bencana alam di Sulawesi Barat oleh XL Axiata - (Dok XL Axiata)

Untuk meringankan beban para korban gempa di Sulawesi Barat, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mulai menyalurkan bantuan kepada masyarakat di lokasi terdampak. Group Head XL Axiata Region East, Bambang Parikesit menjelaskan, mengirimkan bantuan bagi para korban adalah salah satu hal yang selalu dikedepankan setiap kali terjadi bencana alam besar. “Karena itu, bersamaan dengan pengecekan infrastruktur di lokasi bencana, kami juga mengidentifikasi kebutuhan darurat yang bisa kami kirimkan bagi para korban,” ujarnya. 

Tim XL Axiata juga segera memasang router di beberapa titik pengungsian guna memudahkan warga dan aparat mengakses layanan data dan internet. Kartu perdana dengan kuota data internet gratis juga akan disediakan.

Guna memberikan kemudahan berkomunikasi dan akses informasi bagi pelanggan dan masyarakat di lokasi bencana, yaitu Mamuju dan Majene, XL menyelenggarakan program khusus #XLPeduliGempaSulawesiBarat berupa layanan gratis menelepon dan SMS ke nomor XL Axiata maupun nomor operator lain. Untuk menelepon dan kirim SMS ke nomor XL Axiata, pelanggan akan mendapatkan layanan unlimited.

Sementara, untuk menelepon dan SMS ke nomor operator lain, pelanggan bisa mendapatkan 10 menit nelpon dan 10 SMS gratis. Selain itu, ada pula kuota data sebesar 500 MB selama empat hari dengan mengakses *505#. Program ini berlaku untuk periode 18 - 21 Januari 2021. 

 
Bersamaan dengan pengecekan infrastruktur di lokasi bencana, kami juga mengidentifikasi kebutuhan darurat yang bisa kami kirimkan bagi para korban. 
Bambang Parikesit, Group Head XL Axiata Region East
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat